Transmisi
Transmisi adalah pengaturan perbandingan putaran mesin atau engine dengan putaran roda
belakang, sehinggan dapat di sesuaikan dengan keinginan pengendara.
Transmisi di bagi menjadi dua ;
A.Transmisi
manual
B.Transmisi
otomatis
A. Transmisi manual
Transmisi yang terdiri dari serangkaian roda-roda gigi yang berputar sehinggan
terdapat perbandingan /rasio gigi untuk meneruskan putaran engine ke roda
belakang melalui gear sprocket.
-
Bagian-bagian
(komponen)pada transmisi manual
1.Poros penggerak
(mainshaft)
2.Poros yang di gerakan
(countershaft)
3.Roda gigi gear
(sliding gear)
4.Roda gigi tetap
(fixed gear)
5.Roda gigi yang
berputar pada putaran langsam/stasioner (idle gear)
- Mekanisme kerja
1. Kecepatan
rendah
2. kecepatan
menengan
3. kecepatan
tinggi
- Bentuk gigi/alur pada roda gigi
ada dua macam :
1.roda gigi lurus (spur gear)
2.roda gigi miring(halical gear)
- Back lash :
Celah (Clearence)
Yang
terbentuk/terdapat pada gigi setiap roda gigi yang
kontrak/bersentuhan.
Proses
kerja perpindahan gigi
-
Gigi pertama (first
gear)
Main axle – 1st fixed gear – 1st idle gear – slide gear –
driven axle (countershaft) – driven sprocket.
-
Gigi ke dua (secound
gear)
Main axle – slide gear – 2nd idle gear – slide gear – driven
axle – driven sprocket
-
Gigi ke tiga (third
gear)
Main axle – slide gear – 3nd idle gear – slide gear – driven
axle – driven sprocket
-
Gigi ke empat (Fourth
gear)
Main axle – slide gear
– 4th idle gear – 4th fixed gear – driven
gear – ddriven sprocket
Mekanisme perpindahan gigi / shifting
mecanisme
Dengan
mengoprasikan pedal pindah gigi,maka slide gear bergerak karna di gerakan oleh
shift fork (Garpu pemindah) pada umumnya menggunakan tipe drum cam shift fork.
Tipe-tipe gerakan pemindah gigi
1.tipe seaseon : N-1-2-3-4
2.tipe return change : 1-N-2-3-4
3.N-1-2-3-4-N
Fungsi bagian-bagian transmisi
Poros
utama mainshaft main axle setelah berhubungan dengan poros engkol melalui gigi
rumah kopling dan gigi penggerak utama (driven gear primary).
Roda
gigi tetap / mati (fixed gear/countershaft) gigi yang akan berputar bila poros
berputar.
Roda
gigi bebas (idle gear) gigi yang bebas berputar pada poros.
Roda
gigi gesek (slide gear) gigi yang dapat bergesek pada poros ke kiri ke kanan
(sebagai kopling gesek) gigi besar di lengkapi dengan tonjolan (DOG)
tonjolan-tonjolan ini apabila roda gigi bergesek akan masuk ke dalam lubang
(DOGHOLE) yang ada pada gigi sebelahnya, sehinggan gigi tersebut mengikuti
putaran dari gigi yang ada DOS nya.
Poros
yang di gerakan (countarshaft/driven axle) selalu berhubungan dengan roda
belakang melalui rantai roda.
·
Gigi-gigi pada
mainshaft dan countershaft selalu di susun
a. gear
mati (gixed gear) selalu berdampingan dengan gigi bebas (idle gear)
·
Gigi pada mainshaft
dengan gigi pada countershaft di set (dipertemukan) pada posisi gigi bebas(idle
gear) bertemu dengan gigi mati (fixed gear).
0 komentar:
Posting Komentar