Rabu, 12 Juni 2013

Transmisi System

Transmisi

Transmisi adalah pengaturan perbandingan putaran mesin atau engine dengan putaran roda belakang, sehinggan dapat di sesuaikan dengan keinginan pengendara.

Transmisi di bagi menjadi dua ;
                                       A.Transmisi manual
                                       B.Transmisi otomatis

A. Transmisi manual

     Transmisi yang terdiri dari serangkaian roda-roda gigi yang berputar sehinggan terdapat perbandingan /rasio gigi untuk meneruskan putaran engine ke roda belakang melalui gear sprocket.

-         Bagian-bagian (komponen)pada transmisi manual

1.Poros penggerak (mainshaft)
2.Poros yang di gerakan (countershaft)
3.Roda gigi gear (sliding gear)
4.Roda gigi tetap (fixed gear)
5.Roda gigi yang berputar pada putaran langsam/stasioner (idle gear)

     -   Mekanisme kerja
                                 1. Kecepatan rendah
                                 2. kecepatan menengan
                                 3. kecepatan tinggi

     -   Bentuk gigi/alur pada roda gigi ada dua macam :
         1.roda gigi lurus (spur gear)
         2.roda gigi miring(halical gear)

     - Back lash : Celah (Clearence)                            
                        Yang terbentuk/terdapat pada gigi setiap roda gigi yang         
                         kontrak/bersentuhan.
   
Proses kerja perpindahan gigi
-         Gigi pertama (first gear)
Main axle – 1st fixed gear – 1st idle gear – slide gear – driven axle (countershaft) – driven sprocket.

-         Gigi ke dua (secound gear)
Main axle – slide gear – 2nd idle gear – slide gear – driven axle – driven sprocket
-         Gigi ke tiga (third gear)

Main axle – slide gear – 3nd idle gear – slide gear – driven axle – driven sprocket
-         Gigi ke empat (Fourth gear)

Main axle – slide gear – 4th idle gear – 4th fixed gear – driven gear – ddriven sprocket
Mekanisme perpindahan gigi / shifting mecanisme

Dengan mengoprasikan pedal pindah gigi,maka slide gear bergerak karna di gerakan oleh shift fork (Garpu pemindah) pada umumnya menggunakan tipe drum cam shift fork.

Tipe-tipe gerakan pemindah gigi
              1.tipe seaseon : N-1-2-3-4
              2.tipe return change : 1-N-2-3-4
              3.N-1-2-3-4-N

Fungsi bagian-bagian transmisi
Poros utama mainshaft main axle setelah berhubungan dengan poros engkol melalui gigi rumah kopling dan gigi penggerak utama (driven gear primary).

Roda gigi tetap / mati (fixed gear/countershaft) gigi yang akan berputar bila poros berputar.
          
Roda gigi bebas (idle gear) gigi yang bebas berputar pada poros.

Roda gigi gesek (slide gear) gigi yang dapat bergesek pada poros ke kiri ke kanan (sebagai kopling gesek) gigi besar di lengkapi dengan tonjolan (DOG) tonjolan-tonjolan ini apabila roda gigi bergesek akan masuk ke dalam lubang (DOGHOLE) yang ada pada gigi sebelahnya, sehinggan gigi tersebut mengikuti putaran dari gigi yang ada DOS nya.
Poros yang di gerakan (countarshaft/driven axle) selalu berhubungan dengan roda belakang melalui rantai roda.
·        
    Gigi-gigi pada mainshaft dan countershaft selalu di susun

    a. gear mati (gixed gear) selalu berdampingan dengan gigi bebas (idle gear)

·        Gigi pada mainshaft dengan gigi pada countershaft di set (dipertemukan) pada posisi gigi bebas(idle gear) bertemu dengan gigi mati (fixed gear).

0 komentar:

Posting Komentar